You are currently viewing Siswa SMAIT ABBSKP Raih Runner Up Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Provinsi DIY Tahun 2023

Siswa SMAIT ABBSKP Raih Runner Up Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Provinsi DIY Tahun 2023

SMAIT ABBSKP kembali mengirimkan perwakilannya untuk bersaing dalam Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Provinsi DIY Tahun 2023. Event ini diikuti oleh berbagai utusan dari Kabupaten seluruh DIY diselenggarakan pada Sabtu (23/9) pagi bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, Bantul. Olimpiade Bahasa Arab (OBA) menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab se-Indonesia.

Dalam lanjutan kompetisi Olimpiade Bahasa Arab tingkat Provinsi DIY 2023, siswa ABBSKP berhasil meraih runner up. Adalah Rafi Raditya menjadi satu-satunya perwakilan dari sekolah untuk mengikuti event tersebut. Atas perjuangan yang dilalui, Ia berhasil meraih runner up tepat di bawah Vania Nabila Izati perwakilan dari MBS Prambanan yang menjadi juara 1 dan tepat di atas Alifia Salma Assajida perwakilan dari SMAIT Abu Bakar Yogyakarta yang menjadi juara 3.

Selain sebagai syiar Bahasa Arab, OBA dimaksudkan juga untuk mempererat ukhuwah Islamiyah-Wathaniyah, membentuk kecintaan dan kebanggaan terhadap Bahasa Arab. Melalui seleksi OBA diharapkan potensi, bakat pelajar terhadap keahlian berbahasa Arab di Indonesia dapat dimotivasi dan difasilitasi secara berkala dan terarah sehingga dapat berkembang baik dan berkelanjutan.

Hadir memberi sambutan sekaligus membuka event tersebut, bapak Edy Purwanto yang merupakan Analis SDM Aparatur Ahli Muda Seksi Guru Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY sangat mengapresiasi jeri payah yang telah dilakukan oleh panitia. “Apresiasi untuk forum MGMP Bahasa Arab kolaborasi sekolah dan madrasah, mari jadikan Bahasa Arab sebagai kebanggaan bersama,” tuturnya.

Lomba ini diikuti oleh perwakilan masing-masing kabupaten kota untuk mengikuti sejumlah 8 kategori lomba. Masing-masing juara 1 dari delapan kategori akan mewakili DIY dalam OBA tingkat nasional. Semoga di tingkat nasional nanti perwakilan dari DIY meraih hasil yang terbaik. (fth)

Sumber: https://diy.kemenag.go.id/44287-olimpiade-bahasa-arab-provinsi-lahirkan-delapan-juara-duta-diy-di-tingkat-nasional.html