You are currently viewing Pemilos ABBSKP 2023: Membangun Jiwa Demokratis Siswa Dimulai Sejak Dini

Pemilos ABBSKP 2023: Membangun Jiwa Demokratis Siswa Dimulai Sejak Dini

Untuk mendapatkan pemimpin terbaik salah satunya adalah melalui pemilihan umum. Metode ini menjadi satu di antara sekian cara memilih orang terdepan dalam lingkup kecil sekali pun di tingkat organisasi siswa seperti OSIS misalnya. SMAIT ABBSKP melalui panitia penyelenggara adakan Pemilihan Ketua OSIS untuk masa bakti tahun 2023/2024 pada Senin (25/9) pagi. Seluruh warga sekolah diundang tanpa terkecuali. Mulai seluruh siswa, guru, tenaga kependidikan lainnya berhak menggunakan hak pilihnya.

Panitia menyulap Serambi masjid sekolah menjadi tempat pemungutan suara seperti Pemilu yang diadakan pemerintah pada umumnya. Tersedia mulai bilik suara, kotak suara, bahkan hingga tempat celup tinta sebagai tanda telah melakukan pemilihan.

“Pemilos kali ini sangat kompetitif namun tetap kondusif. Tiap calon memiliki kompetensi yang sangat mumpuni di masing-masing bidangnya. transparansi panitia pemilos dalam perhitungan suara saya rasa cukup untuk meyakinkan saya dan teman-teman yang lain bahwa tidak ada kecurangan dalam pemilos kali ini,” ungkap Wildan Zacky.

Terdapat 3 pasangan calon (paslon) yang bersaing dalam Pemilos tahun 2023 kali ini. Nomor urut 01 diisi pasangan Abdullah Hakiim Rusli dan Tirta Bengawan Rojab yang keduanya merupakan siswa kelas XI MIPA A. Pasangan calon nomor urut 02 yaitu Ahmad Mu’afi dan Muhammad Dafi Wisam Zharif. Keduanya merupakan siswa kelas XI D.

Sebagai Pasangan calon nomor urut 03 ada Muhammad Aria Bima Cendekia dan Muhammad Jihan Faidlirrahman, yang keduanya merupakan siswa kelas XI MIPA A. Tentunya, ketiga pasangan calon tersebut memiliki visi dan misi yang menarik sesuai goal dan sasaran yang hendak dicapai.

Diharapkan dengan konsep pemilihan seperti ini, sekolah dapat mengenalkan metode pemilu yang benar. Di sisi lain juga dapat membangkitkan jiwa demokratif siswa. Dan yang tidak ketinggalan ialah tujuan menyiapkan para siswa ABBSKP sebagai pemilih pemula dalam kontestasi pilpres 2024 mendatang.

“Sebenarnya bisa saja kita melakukan kegiatan pemilos ini dengan cara secara sederhana, melalui pembagian kuesioner maupun mengisi formular digital misalnya. Namun yang kami inginkan bukan hanya sekadar memilih saja. Banyak intisari yang dapat kita ambil dari konsep pemilos seperti ini,” ungkap Ust. Arif Usman selaku Waka Kesiswaan.

Setelah melalui proses tahap demi tahap Pemilos yang berjalan, akhirnya terpilih satu pasangan di antara dua kandidat lainnya. Pasangan nomor urut 03 berhasil memenangi pemilihan ini sekaligus berhak menyandang gelar Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMAIT ABBSKP masa bakti 2023/2024 ke depannya.

“Pemilos kali ini membuat saya dan pasangan kandidat yang lain merasa sangat dihargai dan mendapat dukungan penuh. Seluruh calon diperlakukan secara adil dan tidak ada perlakuan spesial untuk salah satu calon. Saya berharap semua warga sekolah merasa puas dengan hasil akhir ini. Dengan ini saya berharap semoga dapat melakukan yang terbaik untuk sekolah ke depannya,” pungkasnya. (pyk/fth)