You are currently viewing ANBK 2023: Peningkatan Mutu Sekolah Berimbang Dengan Inovasi Pengembangan Kompetensi Siswa

ANBK 2023: Peningkatan Mutu Sekolah Berimbang Dengan Inovasi Pengembangan Kompetensi Siswa

Menutup bulan Agustus tahun ini, SMAIT ABBSKP kembali berjibaku dengan kegiatan ANBK tahun 2023. Seperti sebelumnya, peserta asesmen merupakan siswa kelas XI sekarang yang telah melalui proses sampling Dapodik. Kegiatan ini dimulai pada Senin (28/8) pagi dan berakhir pada hari kedua Selasa (29/8) siang. Selama dua hari berturut-turut 45 peserta terpilih melakukan pengisian asesmen terkait literasi dan numerasi di Laboratorium Komputer sekolah.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memetakan adanya peningkatan mutu di sekolah sekaligus meningkatkan kompetansi dan karakter siswanya. Di sisi lain, kegiatan ini juga merupakan wadah dalam proses evaluasi sekolah melalui instrumen Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter bagi siswa. Sedangkan instrumen yang akan diisi oleh guru adalah Survei Lingkungan Belajar.

Kegiatan ini ditujukan ke siswa kelas XI dengan jenis asesmen hari pertama meliputi literasi membaca (90 menit) dan survei karakter (30 menit) setelah 10 menit pertama sesi latihan. Sedangkan di hari kedua, jenis asesmen yang dikerjakan meliputi numerasi (90 menit) dan survei lingkungan belajar (30 menit) setelah 10 menit sesi latihan seperti sehari sebelumnya.

Sebagian panitia pelaksana optimis dengan kemampuan siswa dalam bidang literasi maupun numerasi. Terbukti di dua tahun sebelumnya kemampuan mereka meningkat drastis dan tidak ada masalah. “Dilihat dari kemampuan siswa kita terhadap literasi dan numerasi sejauh ini tidak ada masalah. Justru terlihat semakin baik,” ungkap Ustzh. Rista, selaku Waka Kurikulum.

Lagi-lagi, ANBK tahun ini menuntut kreatifitas panitia pelaksana secara khusus. Mulai dari upaya penyiapan sumber daya dan teknis di lapangan hingga berlama-lama setia memantau info terbaru dari Pusmenjar. Sebab, tak jarang informasi terbaru sebagai instruksi pelaksanaan di sekolah diupdate tengah malam pada hari H-nya. Sehingga, salah satu diantaranya selalu ada yang standby demi mengikuti informasi terupdate tentang ANBK.

Namun demikian, hal tersebut tidak menjadi kendala berarti demi kelancaran kegiatan esok harinya. Berkat kecapakan dan kompetensi digitasi pendidikan segenap panitia menjadikan ANBK tahun ini berjalan sukses dan lancar. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat mengoptimalkan fokus sumber daya pada mutu pembelajaran.

Salah satu upaya dilakukan dalam ANBK kali ini adalah inovasi dan kreatifitas panitia. Seperti disampaikan Ust. Dihan selaku Proktor bahwa inovasi pelaksanaan ANBK tahun ini benar-benar berbeda dari tahun sebelumnya. Jika dulu pernah mencoba satu ruangan cukup memakan waktu, dengan dua ruang banyak menelan anggaran, kali ini sangat berbeda.

“Seperti biasanya, ANBK di ABBSKP menggunakan moda semi online. Hanya saja, inovasi dilakukan dengan menggunakan dua server dalam satu ruangan. Dan pelaksanaannya juga dikabulkan dalam dua sesi. Ini menjadi bukti bahwa sekolah ini mampu mandiri dalam menyelenggarakan program kegiatan nasional seperti ini. Sehingga, pengembangan sumber daya secara kreatif dan inovatif menjadi yang utama,” imbuhnya.

Sebagai penutup, Ust. Fatah selaku Ketua Panitia mengapresiasi kinerja segenap panitia yang begitu solid. Di samping telah memahami kondisi teknis dan kendala di lapangan, kecakapan digital menjadi modal utama. Mereka telah menguasai sedemikian rupa apa saja yang harus dipersiapkan dan strategi terbaik dilakukan saat hari pelaksanaan.

“Saya sampaikan terima kasih kepada segenap panitia yang telah berupaya semaksimal mungkin demi kesuksesan kegiatan ini. Semangat kalian telah menjadikan ANBK tahun ini seperti tanpa halangan apapun. Sebab, kita semua telah hafal terhadap tupoksi dan strategi terbaiknya,” pungkasnya (fth)