You are currently viewing ANBK 2024: Sistem Baru Menjamin Autentitas Peningkatan Kualitas Asesmen Nasional

ANBK 2024: Sistem Baru Menjamin Autentitas Peningkatan Kualitas Asesmen Nasional

SMAIT ABBSKP kembali laksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di tahun ini secara mandiri dengan penuh persiapan dan harapan. Kegiatan ini merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Program evaluasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Program ini bertujuan sebagai bahan evaluasi dalam pemetaaan sekolah melalui 3 instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. AKM digunakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) para siswa. Mutu satuan pendidikan atau sekolah yang dinilai dalam ANBK akan diukur menurut hasil belajar literasi, numerasi, dan karakter, lalu kualitas proses belajar-mengajar, juga iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

ABBSKP melaksanakan asesmen pada tanggal 19 Agustus 2024 – 20 Agustus 2024. Kegiatan ini ditujukan ke siswa kelas XI dengan sampling utama sebanyak 45 siswa dan 5 siswa sebagai cadangan. Pada hari pertama, jenis asesmen yang diperoleh siswa yaitu latihan (10 menit), literasi membaca (90 menit), dan survei karakter (30 menit). Sedangkan di hari kedua, jenis asesmen yang diperoleh siswa yaitu latihan (10 menit), numerasi (90 menit), dan survei lingkungan belajar (30 menit). Pada ANBK tahun ini, ABBSKP mendapat kunjungan pengawas silang dari perwakilan guru SMA Negeri 1 Lendah.

Proktor SMAIT ABBSKP, Ustadz Ziyad Fauzi Ahmad, S.Pd., M.Pd. menjelaskan bahwa sekolah melaksanakan ANBK dengan moda semi online menggunakan 2 server dalam 1 ruang untuk 2 sesi. Pada tahun ini, AN dilengkapi dengan sistem baru yang berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu penerapan face recognition. Sistem ini guna mengidentifikasi dan mengautentifikasi seseorang yang dijalankan menggunakan fitur wajah secara real time.

Hal tersebut didukung dengan ruang lab komputer saat ini yang sudah memiliki beberapa jaringan proteksi tambahan guna memperlancar program kegiatan nasional yang diadakan mandiri di sekolah. Terbukti juga dengan adanya kegiatan ANBK yang terlaksana secara tertib dan lancar tanpa adanya kendala cukup berarti. Harapan sekolah yaitu semoga AN tahun ini memperoleh hasil yang lebih optimal dari tahun sebelumnya berdasar pada kompetensi dan karakter siswa.

Penulis: Ustzh. Delima Mulya Ayuati, S.Pd