Alhamdulillah, dua Guru SMA IT ABBSKP berhasil mempersembahkan juara 1 pada ajang Lomba Kihajar Kategori Pembuatan Aplikasi Mobile Pendidikan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan yang dilaksanakan pada jum’at  (30/8/19) di Sleman City Hall (SCH) Yogyakarta.

Perlu kita ketahui bahwa lomba Kihajar merupakan salah satu wadah untuk memberikan apresiasi pemanfaatan TIK untuk pendidikan yang diselenggarakan oleh Balai Tekkomdik DIY. Lomba pembuatan aplikasi mobile pendidikan merupakan salah satu kategori dalam lomba Kihajar tersebut. Kategori lomba ini diperuntukkan bagi guru dan tenaga kependidikan dilingkungan DIY dari jenjang SD sampai dengan SMA.

Peserta dari Tim SMA IT ABBSKP ini di wakili oleh ustadz ziyad Fauzi Ahmad, S.Pd dan ustad Andwi Sulistyo, S.Pd. Pada lomba ini, tim SMA IT ABBSKP mengembangkan sebuah aplikasi mobile di perangkat android dengan materi nyanting (batik) yang di peruntukkan bagi siswa dan masyarakat luas. Sebagaimana yang disampaikan oleh ketua tim,

“Aplikasi nyanting ini dapat digunakan untuk pelajaran SBK dan PKW serta secara luas dapat di gunakan untuk masyarakat umum yang ingin belajar membatik. Adapun isi konten aplikasi ini terdiri dari sejarah membatik, ragam batik nusantara, serta alat & bahan untuk membantik. Dalam penyajian konten aplikasi ini selain menggunakan teks juga di lengkapi dengan foto dan vidio”

-Ziyad Fauzi A.

Dalam pembuatan aplikasi pendidikan ini, tim SMA IT ABBSKP lebih fokus mengutamakan interface tampilan sehingga materi yang disajikan diharapkan menjadi semenarik mungkin. Sebelumnya tim dari dari SMA IT ABBSKP tidak terlalu mempedulikan hasil karena mengingat para peserta lomba lain menampilkan hasil karya mereka dengan sangat luar biasa. Akhirnya ketika panitia menyebutkan nama SMA IT ABBSKP untuk dinobatkan sebagai juara 1 lomba aplikasi mobile, tim SMA IT ABBSKP sangatlah bersyukur dan tidak percaya bahwa tim ini mendapatkan hasil yang sangat luar biasa. Hasil membanggakan ini tentunya, membuat bahagia dan motivasi tersendiri untuk seluruh rekan kerja Ustadz dan Ustadzah di SMA IT ABBSKP agar terus berprestasi. Sebelum mengakhiri wawancara Ustadz Ziyad Fauzi Ahmad, S.Pd menambahkan,

“Jangan pernah takut untuk mencoba karena apapun yang sudah kita upayakan hasilnya pasti tidak akan mengecewakan”

-Ziyad Fauzi A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *