Keluarga Besar SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo, rayakan hari raya Idul Adha tahun 2019M 1440 H dengan menyerahkan sekaligus menyembelih hewan qurban sebanyak 2 ekor sapi dan 13 ekor kambing.

Pada idul adha tahun ini, SMA IT ABBSKP diamanahi hewan qurban sebanyak 2 ekor sapi dan 13 ekor kambing untuk di sembelih. Dari keseluruhan jumlah hewan kambing yang ada, sebanyak 5 ekor kambing disalurkan ke AKBID NAD yang terletak di jalan Wates Km 9,5 dan 5 Ekor kambing yang disalurkan di lima masjid yang berada di sekitar lingkungan desa Triharjo-wates.

Hewan kurban tersebut berasal dari orang tua/keluarga para siswa dengan total sebanyak 16 sohibul qurban sapi dan 13 shohibul qurban kambing. Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban kali ini dilakukan secara beragam. pada hari H, minggu (11/8/2019) sebanyak 5 ekor kambing di sembelih di masing-masing masjid yang mendapatkan distribusi hewan qurban yaitu, masjid Barokatul ummah, masjid muamalah, masjid Baiturrohman, masjid Al-Muqorrobin, dan masjid Muntiyamah.  Kemudian pada hari kedua, senin (12/8/2019) dilakukan penyembelihan 2 ekor sapi dan 3 ekor kambing di halaman sekolah SMA IT ABBSKP yang di saksikan langsung oleh para guru, karyawan serta masyarakat setempat yang sebelumnya sudah dimintakan hadir untuk turut membantu.

Selama proses pemotongan, para siswa bersama dengan guru dibantu oleh masyarakat setempat untuk memotong 5 hewan ternak tersebut. Disini para siswa diajarkan bagaimana teknik penyembelihan hewan yang syar’i mulai dari menjatuhkan hewan kurban, teknik menguliti kulit, sampai cara memotong daging yang benar. Kegiatan pelatihan berqurban ini sebenarnya sudah dilakukan sejak hari pertama, karena jauh sebelum pelaksanaan qurban para siswa kelas XII sudah secara kolektif melakukan iuran bersama untuk membeli 2 ekor kambing, dan Alhamdulillah pada hari pertama sudah dapat disembelih dan dikerjakan pengelolaan hewan qurban dari proses penyembelihan sampai pemotongan oleh para siswa kelas XII.

Sebanyak 268 paket daging sapi didistribusikan ke warga SMA IT ABBSKP serta warga di lingkungan dusun Cokrodipan dan Ngrandu. “Untuk setiap paket hewan qurban kami bagikan daging seberat 1,1 kilogram per bungkus, semua daging kami bagikan secara merata ke warga SMA IT ABBSKP dan masyarakat setempat. Jika pada tahun lalu hewan qurban sebanyak 2 ekor sapi dan 8 ekor kambing, alhamdulillah pada tahun ini mengalami peningkatan menjadi 2 ekor sapi, 13 ekor hewan kambing untuk di qurbankan dan 2 ekor kambing lagi dari iuran siswa kelas XII sebagai sarana ajang mereka berlatih qurban” ucap Ketua Panitia Idul Qurban 1440H, ustad Muhammad Ilham Handika, S.Pd.

“Untuk setiap paket hewan qurban kami bagikan daging seberat 1,1 kilogram per bungkus, semua daging kami bagikan secara merata ke warga SMA IT ABBSKP dan masyarakat setempat. Jika pada tahun lalu hewan qurban sebanyak 2 ekor sapi dan 8 ekor kambing, alhamdulillah pada tahun ini mengalami peningkatan menjadi 2 ekor sapi, 13 ekor hewan kambing untuk di qurbankan dan 2 ekor kambing lagi dari iuran siswa kelas XII sebagai sarana ajang mereka berlatih qurban”

Kepala Sekolah SMA IT ABBSKP Dr. H. Akhsanul Fuadi, M.Pd.I. turut mnyempatkan hadir pada agenda penyembelihan hewan qurban di SMA IT ABBSKP meskipun tidak dapat membersamai sampai akhir. Selain memantau kegiatan, ustad Dr. H. Akhsanul Fuadi, M.Pd.I menyampaikan rasa terima kasih kepada semua para shohibul qurban yang telah menginfakkan sebagian rizkiya serta para ustad/ustadzah dan masyarakat setempat yang telah membantu pelaksanaan qurban di SMA IT ABBSKP. Harapan kedepan semoga jumlah shohibul qurban terjadi peningkatan karena dengan adanya qurban mengajarkan kepada kita akan kepedulian dengan sesama serta menumbuhkan perasaan Ikhlas rela berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *