Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progodilaksanakan pada tanggal 1-13 Juli 2019. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa baru dan siswa kelas XI, dan XII SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo. Pada kegiatan MPLS tahun ini SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo mengambil tema “Aktualisasi nilai-nilai islam untuk melahirkan generasi yang berakhlakul karimah dan mendunia”. Tema ini diusung sesuai dengan visi-misi sekolah dan dikorelasikan dengan tuntutan perkembangan zaman pada saat ini.

Penerapan adab islami yang didasarkan pada nilai-nilai Al-Qur’an dan Al-Hadist menjadi prioritas utama yang nantinya akan menjadi bekal dalam bersosialisasi di kehidupan sehari-hari. Pekan pertama MPLS dilaksanakan pada tanggal 1-6 Juli 2019, disini seluruh siswa menerima orientasi tentang pengenalan sekolah, adab bagi siswa, dan fiqh praktis. Materi adab sendiri yang disampaikan oleh para ustadz  bidang kepesantrenan berpandu pada kitab Ta’lim Muta’alim meliputi pembelajaran adab siswa dalam memuliakan ilmu dan guru serta fasal-fasal lainnya yang harus dipahami bagi seseorang yang ingin menuntut ilmu. Selain materi adab di minggu pertama, para siswa juga di bekali materi fiqh praktis seperti tatacara berwudhu, taharah, serta sholat yang sesuai dengan tuntunan dalam islam. Harapan melalui kegiatan ini semoga dapat menumbuhkan sifat pribadi siswa yang religius, cendekia, dan beradap islami.

Pekan kedua MPLS dilaksanakan pada tanggal 8-13 Juli 2019. Pada pekan ini, di hari pertama disambut dengan agenda Achievment Motivation Traning (AMT) yang disampaikan oleh ust Fatan Fantastik kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi selama 2 hari yang disampaikan oleh Kejaksaan Negeri Kulon Progo (9 Juli) dan Puskesmas Wates pada materi penyuluhan kesehatan. Kegiatan AMT dan sosialisasi sifatnya wajib diikuti oleh para siswa SMA IT Abu Bakar Boading School Kulon Progo guna menjadikan bekal bagi mereka di awal memasuki semester baru. Pada hari keempat para siswa baru dikenalkan dengan lingkungan persekolahan mulai dari aktivitas kegiatan persekolahan, ektrakurikuler, organisasi sekolah, kurikulum sekolah, serta pengenalan mata pelajaran oleh masing-masing guru pengampu mata pelajaran. Harapan melalui kegiatan MPLS ini diharapkan agar para siswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan dapat mengembangkan interaksi yang positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *