Siswa baru SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo mengikuti pelatihan Bahasa Inggris. Pelatihan dilaksanakan di masjid sekolah pada hari Rabu (19/7) pukul 08.00 WIB setelah mereka melakukan sholat duha dan tilawah. Pemateri dalam acara ini adalah Ibu Indah Puspawati, S.Pd., M.A.. Beliau merupakan dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian pelatihan bahasa inggris dalam kegiatan Masa Orientasi Siswa SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo Tahun Ajaran 2017/2018. Dalam kegiatan MOS, siswa akan mendapatkan pelatihan secara intensif untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa inggris.

Dalam pelatihan tersebut, Indah Puspawati, S.Pd., M.A. menyampaikan bahwa kunci untuk menguasai bahasa inggris ada tiga, yaitu practice, practice, and practice. Siswa mencatat poin-poin penting dari materi yang disampaikan oleh beliau, baik yang disampaikan secara lisan maupun yang tertulis dalam beberapa slide power point. Tiga puluh menit sebelum materi berkahir, Indah mengajak siswa untuk melakukan game.  Para siswa diminta untuk membentuk lingkaran besar. Setelah itu, Indah menjelaskan teknis permainannya. Ia menyebutkan satu kata, seperti rumah, asrama, dan sebagainya, kemudian siswa secara berurutan diminta untuk menyebutkan benda-benda apa saja yang terdapat dalam ruangan tersebut menggunakan bahasa inggris.

Kegiatan ditutup dengan pesan-pesan dan pengarahan dari Ustazah Arina Rosyida, S.Pd. selaku guru pengampu mata pelajaran bahasa inggirs di SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo. Beliau menyampaikan bahwa seluruh siswa baru diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini secara maksimal untuk benar-benar meningkatkan kompetensi bahasa inggris mereka. (Andwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *