1. Pembelajaran di SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo didukung oleh keberadaan perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah memiliki beragam koleksi buku yang memperkaya wawasan kelimuan siswa. Di dalamnya tersedia buku-buku mata pelajaran, buku-buku keislaman, dan buku-buku lain dalam bidang ilmu-ilmu alam dan ilmu-ilmu sosial yang senantiasa diperbaharui mengikuti perkembangan ilmu, pengetahuan, dan teknologi.
  2. Sebagai sekolah berbasis sains, SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo memiliki laboratorium yang dilengkapi dengan alat-alat yang digunakan untuk melakukan penelitian di bidang biologi, kimia, dan fisika.
  3. SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo berusaha menyediakan berbagai fasilitas olah raga untuk mewadahi dan mengembangkan minat dan bakat olah raga siswa, seperti lapangan futsal, lapangan basket, lapangan voli, dan sebagainya.
  4. SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo juga menyediakan berbagai learning spot yang tersebar di beberapa titik di sekolah. Beberapa learning spot yang sudah disiapkan diantaranya adalah gazebo dan panggung outdoor.
  5. SMAIT Abu Bakar Boarding Kulon Progo memiliki masjid sekolah yang digunakan sebagai pusat kegiatan keagamaan dan pusat belajar siswa/santri.
  6. SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo memiliki asrama yang berada di dalam lingkungan sekolah/pesantren. Keberadaan asrama di lingkungan sekolah akan memudahkan siswa dalam mengikuti kegiatan sekolah dan kepesantrenan.
  7. Ruang kelas SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo dilengkapi dengan meja dan kursi belajar yang mudah dipindahkan sesuai dengan desain pembelajaran. Selain itu, setiap kelas juga dilengkapi dengan loker untuk siswa.