Persiapan Sambut Ujian Sekolah, Siswa Kelas XII ABBSKP Antusias Ikuti Try Out Sekolah

Persiapan Sambut Ujian Sekolah, Siswa Kelas XII ABBSKP Antusias Ikuti Try Out Sekolah

Salah satu kegiatan yang telah diagendakan bagi siswa kelas XII adalah Try Out sekolah. Ini dilakukan sebagai permulaan untuk menghadapi ujian sekolah yang akan datang. Try Out ini akan berlangsung selama beberapa hari ke depan sejak hari ini, Rabu (19/1) sampai hari Kamis (27/1) pekan depan dan diikuti oleh seluruh siswa kelas XII. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai upaya untuk memberikan pengalaman bagi peserta didik dalam menghadapi tipe-tipe soal ujian sekolah.

Selain menjadi ajang pengenalan model soal, setidaknya try out kali ini juga menjadi upaya untuk menjajaki kompetensi kemampuan siswa. Di sisi lain, evaluasi akan dilakukan kemudian setelah hasilnya dapat dijadikan tolak ukur pencapaian siswa. “Ujian try out ini tak lain merupakan upaya sekolah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengenal tipe-tipe soal ujian sekolah nanti. Mereka dengan kegiatan ini juga sebagai ajang persiapan untuk ujian sekolah nanti yang sebenarnya,” ungkap Ketua Pelaksana.

Beragam komentar dari siswa juga menarik untuk disimak. Satu di antaranya menilai jika try out ini menjadi upaya untuk penyesuaian diri dalam mengerjakan soal-soal model ujian sekolah. “Try out kali ini terbilang susah. Tapi, saya mencoba untuk menyesuaikan diri. Belajar tetap dilakukan,” ujar Ahmad.

Pendapat lain juga menilai bahwa try out hari pertama ini sudah dihadapkan pada Mapel yang susah, yakni Bahasa Indonesia. “Karena baru hari pertama, belum juga kelihatan susahnya. Semalam hanya belajar PAI. Untuk Bahasa Indonesia sendiri soalnya panjang-panjang,” lanjut Iskandar.

Namun, ada sebagian siswa menilai kalau try out kali ini masih sekadar uji coba. Belajar atau tidak belajar bukan menjadi masalah. Baginya, ujian yang sebenarnya nanti adalah Ujian Sekolah. “Persiapan untuk Try Out tidak terlalu. Soalnya ini masih uji coba. Nanti akan lebih serius lagi kalau belajar untuk persiapan Ujian Sekolah,” tutup Alkatiri. (fth)

Leave a Reply