Wisuda Ke-2 SMA IT ABBSKP: Menyiapkan Diri Sebagai Pemimpin Masa Depan Dalam Manifestasi Karakter Islam Rahmah

Wisuda Ke-2 SMA IT ABBSKP: Menyiapkan Diri Sebagai Pemimpin Masa Depan Dalam Manifestasi Karakter Islam Rahmah

Masih dalam masa pandemi Covid-19, SMA IT Abu Bakar Boarding School kembali mewisuda siswa kelas 12 angkatan ke-2 pada Minggu (6/6) pagi. Berbeda dengan tahun sebelumnya, wisuda kali ini dapat diselenggarakan secara offline di Hallroom Hotel Sahid Jaya, Sleman, DIY. Tentunya, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Adapun peserta yang dapat hadir dalam acara tersebut 50 Siswa didampingi dengan orang tua masing-masing. Wisuda ini juga dihadiri para tamu undangan dari Yayasan Mulia Yogyakarta dan Baldikmen Kulon Progo.

Meskipun demikian, pelaksanaan wisuda tetap disiarkan langsung secara virtual melalui media zoom dan Streaming via Youtube dan dapat diakses publik. Peserta yang tidak dapat hadir secara langsung, dapat mengikutinya secara online. Namun, secara umum dalam teknisnya tidak mengurangi khidmatnya pelaksanaan wisuda kali ini.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah memberikan wejangan sekaligus motivasi untuk wisudawan. Walaupun dalam keterbatasan di tengah pandemi, wisuda dapat dilaksanakan dan dihadiri sebagian siswa didampingi orang tuanya.

“Wisuda kali ini diikuti oleh 72 siswa, 50 offline, 22 lainnya secara online dari rumah masing-masing. Karena letak yang jauh dari Yogyakarta. Seluruh siswa yang diwisuda hari ini berasal dari 16 Provinsi di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dari 72 siswa yang diwisuda hari ini, ada 3 siswa yang mampu menyelesaikan hafalan al-Qur’an 30 Juz. Semoga bekal yang telah diberikan ustadz dan ustadzah selama ini dapat mengantarkan wisudawan kelak menjadi pemimpin teladan di masa depan seperti khalifah Abu Bakar contohkan,” ungkapnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini, Kepala Baldikmen Kulon Progo, Bapak Rudi Prakanto memberikan wejangannya kepada para wisudawan. Mereka didorong supaya kelak menjadi uswatun hasanah yang mampu meneladani Nabi Muhammad Saw. dan 4 khulafaur rasyidin.

“Kalian sudah memiliki 80% untuk mencapai kesuksesan di dunia ini. Nanti tinggal yang 20% bisa kalian olah sendiri. Karena kalian sudah dilatih untuk itu selama di sekolah. Saya yakin kalian mampu melakukannya. Kalian harus menjadi Uswatun Hasanah dengan meneladani Nabi Muhammad Saw. Dan itu juga termanifestasi dalam kelembutan Abu Bakar, ketegasan Umar, kedermawanan Usman dan kecerdasan Ali. Dan kekuatan itu adalah karakter kuat dalam basis Islam yang Rahmah,” tegasnya.

Kalian sudah memiliki 80% untuk mencapai kesuksesan di dunia ini. Nanti tinggal yang 20% bisa kalian olah sendiri. Karena kalian sudah dilatih untuk itu selama di sekolah. Saya yakin kalian mampu melakukannya. Kalian harus menjadi Uswatun Hasanah dengan meneladani Nabi Muhammad Saw. Dan itu juga termanifestasi dalam kelembutan Abu Bakar, ketegasan Umar, kedermawanan Usman dan kecerdasan Ali. Dan kekuatan itu adalah karakter kuat dalam basis Islam yang Rahmah,

Kepala Baldikmen Kulon Progo

Dalam menutup prosesi wisuda ini, diumumkan 7 nominasi siswa berprestasi. Adapun nominasinya meliputi siswa terbaik akademik, siswa terbaik pesantren, siswa terbaik hafalan al-Qur’an, siswa dengan capaian juara terbanyak, santri teladan dan siswa penggerak kegiatan sosial.

Peraih penghargaan siswa berprestasi akademik dan non akademik adalah Raihan Ammar Kelas 12 A. Adapun penghargaan siswa terbaik hafalan al-Qur’an diraih oleh Allif Zuhairi 12 A. Siswa dengan capaian juara terbanyak diraih oleh Annas Wicaksono 12 B. Santri teladan disematkan kepada Afif Maulana Bashair 12 B. Dan terakhir, siswa penggerak kegiatan sosial diberikan kepada Umar Abdul Aziz 12 B. Penghargaan ini setidaknya menjadi apresiasi atas segala pencapaian mereka selama di sekolah.(fth)

Leave a Reply