University Fair Batch 1: Kiat Memilih Perguruan Tinggi Impian dari Tingkat Lokal Sampai Internasional

University Fair Batch 1: Kiat Memilih Perguruan Tinggi Impian dari Tingkat Lokal Sampai Internasional

Dalam rangka memberikan wawasan seputar perguruan tinggi, SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo (ABBSKP) menyelenggarakan event bertajuk University Fair Batch 1 pada Kamis siang (4/3). Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama SMA IT ABBSKP dengan LLDIKTI (Lembaga layanan pendidikan tinggi) Wilayah V Yogyakarta dan PPI (Persatuan pelajar Indonesia) Turki dengan mengangkat tajuk “Sukses Karir Memasuki Perguruan Tinggi Impian”. Adapun peserta yang turut bergabung dalam acara ini meliputi siswa dan siswi yang kini duduk di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta dan Kulon Progo.

Sebagai kegiatan pertama, University Fair ini memberikan wawasan terkait dengan kiat sukses memasuki perguruan tinggi. Setidaknya, melalui kegiatan ini para peserta dapat mengenal kondisi perguruan tinggi di Yogyakarta khususnya, baik negeri maupun swasta. Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Sekolah dalam sambutannya.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan kondisi perguruan tinggi di yogya khususnya baik negeri maupun swasta. Bahkan tentang pendidikan tinggi di luar negeri. Gunakan kesempatan sebaik-baiknya untuk menyimak profil perguruan tinggi terbaik, supaya mendapatkan perguruan tinggi terbaik untuk masa depan,” sambut Ust. Salim.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan kondisi perguruan tinggi di yogya khususnya baik negeri maupun swasta. Bahkan tentang pendidikan tinggi di luar negeri. Gunakan kesempatan sebaik-baiknya untuk menyimak profil perguruan tinggi terbaik, supaya mendapatkan perguruan tinggi terbaik untuk masa depan,”

Ust. Salim.

Dalam pemaparannya, perwakilan dari LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta cukup detail menyampaikan data dan informasi tentang perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta. Di antaranya, terkait motivasi memilih perguruan tinggi, data sebaran perguruan tinggi dan bagaimana memperoleh informasi penting terkait data-data perguruan tinggi di Yogyakarta.

“Pemilihan perguruan tinggi akan berimbas pada lulusannya. Hal yang paling mudah untuk melihat mutu perguruan tinggi dapat dilihat dari akreditasinya. Karena, secara awam bisa melihat akreditasi terlebih dulu sebelum kuliah di tempat tersebut. Berdasarkan data per Februari 2021, terhimpun perguruan tinggi swasta sebanyak 101; Univesitas sebanyak 23; Sekolah tinggi sebanyak 25; Poltek sebanyak 8; Institut sebanyak 7; Akademi Komunitas ada 1; dan Akademi ada 27,” ungkap Pak Zanuwar, selaku perwakilan dari LLDIKTI.

Dengan memahami sebaran perguruan tinggi tersebut, nantinya akan memudahkan siswa untuk memilih bentuk perguruan tinggi yang diinginkan. “Karena, bentuk-bentuk perguruan tinggi tersebut mencakup jumlah prodi dan mahasiswa di dalamnya. Di sisi lain, jumlah beasiswa yang diberikan, akreditasi institusi, mulai tahun 2020 perguruan tinggi wajib memiliki akreditasi.Kebanyakan prodi di Yogya lebih banyak yang B untuk peringkat pertama; peringkat kedua prodi yang A,” imbuhnya.

Untuk memudahkan data-data dan informasi di atas, khususnya terkait perguruan tinggi di Yogyakarta, telah disediakan laman websitenya. Siswa yang ingin mengakses informasi tersebut dapat dengan leluasa membuka layanan pada https://lldikti5.kemdikbud.go.id/.

“Melalui website tersebut dapat melacak data dan informasi perguruan tinggi dan program studi di PTS di yogyakarta. Data mulai akreditasi perguruan tinggi dan bentuknya dapat dilihat di laman tersebut pada menu data statistik. Di dalamnya, bisa melihat sebaran perguruan tinggi dan prodi. Memilih wilayah, prodi, program dari diploma I hingga doktor. Tinggal mencari program apa yang hendak dipilih. Karena di sini terdapat fitur untuk filtering data yang bisa disesuaikan dengan keinginan,” ujar Pak Annafi’iy.

Sebagai pemateri terakhir, perwakilan dari PPI Turki berbagi trik dan tips menarik bagi yang berminat melanjutkan studi ke sana. Ada baiknya, sebelum memutuskan untuk kuliah di Turki para siswa wajib mengenal dan mencari informasi terkait negara tersebut. Hal penting apa saja yang terdapat di sana perlu dicari.

“Adapun jika ingin kuliah di Turki tentu kita harus mengenal terlebih dulu ada apa saja di sana. Untuk dapat meraih beasiswa di Turki berikut tips yang boleh dirangkum sebagai acuan supaya bisa lolos seleksinya,” ungkap kak Hilda, selaku Ketua PPI Turki.

Beberapa tips dan trik yang disampaikan cukup menarik untuk dicoba. Besar kemungkinan semua patut dicoba dan bila memungkinkan. Tujuannya, tak lain supaya bisa lolos dan meraih kesempatan belajar di luar negeri. Berikut adalah tips-tips yang bisa dicoba.

“Rela meluangkan waktu untuk searching informasi, membuat akun, melengkapi personal branding di web lembaga pemberi beasiswa. Selanjutnya, disarankan untuk memperbanyak ikut aktivitas ilmiah dan sosial, magang dan seminar. Mencapai at least academic record paling rendah di angka 3. Lancarkan speaking dan writing dari sekarang. Adapun tips terakhir supaya dapat memperbanyak networking dengan para akademisi dan praktisi. Mengasah leadership skills, public speaking dan soft skills lainnya,” pungkasnya. (fth)

Leave a Reply