Ketua OSIS: Materi LDKS Bermanfaat Sebagai Bekal Kesuksesan Berorganisasi

Ketua OSIS: Materi LDKS Bermanfaat Sebagai Bekal Kesuksesan Berorganisasi

Sembilan hari pasca Pelantikan dan Serah Terima Jabatan, Pengurus OSIS SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo yang baru siap mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) pada Sabtu dan Minggu pagi, 21-22 November 2020. Seperti halnya kegiatan sebelumnya, acara ini juga dilakukan secara virtual. Namun demikian, semua itu diupayakan untuk tidak menghilangkan esensi dari kegiatan yang umumnya dilakukan secara out door.

Hadir sebagai partisipan, seluruh Pengurus OSIS Masa Bakti 2020/2021 dan didampingi oleh beberapa Pengurus OSIS sebelumnya. Beberapa tamu undangan juga tampak hadir, baik sebagai pengisi materi atau pun mengikuti jalannya acara. Di samping Kepala Sekolah dan Pembina OSIS, beberapa guru juga turut serta dalam acara tersebut. Tujuannya, tak lain adalah untuk membekali Pengurus OSIS baru agar lebih siap dalam berorganisasi.

Sebelum membuka acara secara resmi, seperti biasa Kepala Sekolah memberikan wejangan kepada para peserta. Dalam sambutan tersebut, beliau menyampaikan pentingnya meneladani kepemimpinan rasulullah Saw.

“Kepemimpinan yang paling sukses adalah yang dilakukan oleh baginda Muhammad Saw.Maka tidak heran, apabila beliau dikagumi setiap muslim bahkan non muslim sekalipun. Dalam kepemimpinannya, rasulullah mampu menampilkan diri sebagai pemimpin spiritual. Jika kita mampu nilai kepemimpinan sebagai ibadah, maka akan ada motivasi besar untuk menuju keridhoan Allah dan Rasul-Nya,” tuturnya.

Di sisi lain, pemimpin spiritual juga harus mampu mengilhami yang lain, membangkitkan seluruh orang yang dipimpinnya, mempengaruhi dan menggerakkan dalam hal kebaikan yang lain. Maka, sebagai pemimpin harus siap dengan segala konsekuensi yang akan dihadapi nanti.

“Kendati Rasulullah Saw. menjadi pemimpin terbaik, ternyata tetap saja ada yang tidak suka terhadap beliau. Namun demikian, ada saja kritik dan masukan dari yang lain sebagai hal yang biasa. Sebagai Pengurus OSIS pun harus siap untuk menerima kritik, saran atau bahkan dibenci sekali pun. Karenanya, kita harus berupaya untuk selalu menjadikan amanah ini sebagai motivasi untuk menuju keridhoan Allah dan Rasul-Nya,” tambahnya.

Bagi Ketua OSIS, acara LDKS seperti ini sangat bermanfaat. Sebelumnya tidak menyangka jika acara ini tetap terselenggara, meskipun secara online. Banyak hal yang didapatkan dari acara dua hari tersebut.

“Alhamdulillah, acara ini bagi saya sangat bermanfaat. Materi semisal membuat surat resmi, penamaan dan pelaksanaan program kerja merupakan hal baru bagi kami. Tentunya hal ini akan membuat kami lebih percaya diri dalam mengurus organisasi ke depannya,” ungkapnya.

Di sisi lain, acara tersebut juga telah membuka wawasan yang benar-benar baru kepada seluruh pengurus OSIS. Meskipun ada beberapa peserta yang terkendala jaringan di daerah, namun tidak mengurangi semangat mereka untuk mengikuti acara ini secara antusias.

“Memang diakui ada beberapa peserta yang berhalangan di hari kedua. Namun demikian, semangat untuk berorganisasi dan pelajaran yang diperoleh hari ini akan kami share dengan teman lainnya. Sehingga, dengan semua itu membuat kami lebih bertanggung jawab dalam segala hal yang terkait dengan kesuksesan organisasi,” tutupnya. (fth)


Leave a Reply