Siswa SMAIT ABBS KP mendapatkan pelatihan tahsin Alquran menggunakan metode Al Karim. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu (9/9) di masjid sekolah dan diisi oleh Ustaz Rois. Beliau merupakan pakar tahsin dari Konsorsium Yayasan Mulia.
Pelatihan ini diawali dengan penampilan hadroh dari tim hadroh Pondok Pesantren Ulul Albab. Setelah itu, Ustaz Rois memaparkan materi tentang metode Al Karim. “Tujuan utama kita mempelajari tahsin menggunakan metode Al Karim ini adalah untuk menumbuhkan kecintaan kita kepada Rosulullah SAW, menjaga ketepatan bacaan dan ketepatan pengucapan, serta menanamkan akhlaqul karimah”, ujar Ustaz Rois. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa menjadi penjaga Alquran tidak berarti hanya menghafal setiap ayatnya, namun juga mampu menjaga hak-hak dari setiap hurufnya. Artinya, pembacaaan huruf-huruf di dalam mushaf Alquran harus disesuaikan dengan hukum-hukum bacaannya.
Setelah materi selesai dijelaskan, Ustaz Rois membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Selanjutnya, bacaan Alquran dari masing-masing anggota kelompok diperiksa secara intensif agar para siswa mampu membaca Alquran menggunakan metode Al Karim dengan benar sesuai hukum-hukum bacaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *