Siswa baru SMAIT ABBS KP mengikuti pelatihan sociopreneurship pada hari Selasa (23/8). Pelatihan dilaksanakan di masjid sekolah pada pukul 8.00 WIB setelah siswa melaksanakan sholat duha dan tilawah. Pemateri dalam pelatihan ini adalah Ustaz Puji Hartono atau yang lebih akrab disapa “Kang Puji”.

Di awal kegiatan, Kang Puji membagikan kertas kosong kepada siswa untuk menuliskan “kontrak belajar”. “Kontrak belajar” yang pertama dari Kang Puji disampaikan dalam satu kalimat, yaitu “Berjalan lebih cepat dari biasanya.” Makna dari kalimat tersebut adalah seorang muslim harus menjalani hari-harinya dengan penuh semangat. Semangat itu dapat diwujudkan dalam aktivitas yang paling sederhana dalam kehidupan sehari-hari, yaitu “berjalan”.

Setelah itu, Kang Puji berusaha menumbuhkan sikap sosial dalam diri siswa dengan membagikan tips dalam belajar. “Ajari temanmu yang tidak bisa!”, kata Kang Puji. Dengan metode “saling mengajari”, maka masing-masing siswa akan semakin memahami materi. Selain itu, mereka juga telah berbuat baik kepada orang lain karena telah membantu temannya memahami materi.

Di akhir kegiatan, Kang Puji menyampaikan kontrak-kontrak belajar lain yang bersifat reflektif. Siswa diminta untuk menuliskan kebiasaan-kebiasaan buruk yang akan dihilangkan, kebiasaan-kebiasaan baik yang akan dikembangkan, sikap-sikap tidak menyenangkan terhadap sahabat, dan sikap-sikap tidak menyenangkan terhadap guru. Siswa kemudian menandatangani kontrak-kontrak belajar tersebut pada kertas mereka masing-masing dan menuliskannya kembali di buku catatan mereka. (Andwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *